Senin, 31 Oktober 2016

PENGEMBANGAN RPP YANG MENGINTEGRASIKAN TIK

Kelas             : V
Tema             : 1.  Benda – benda di Lingkungan Sekitar
Subtema        : 1. Wujud Benda dan Cirinya
Semester        : 1

Tujuan Pembelajaran :
1.      Dengan membuka blog, siswa dapat mengenal media pembelajaran on line
2.      Dengan pengamatan, siswa dapat mengetahui perubahan – perubahan zat yang terjadi pada benda padat dan benda cair.
3.      Dengan merekam perubahan zat, siswa dapat mengetahui cara menggunakan kamera..
4.      Dengan menulis laporan, siswa dapat mengenal aplikasi power point.

Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa bersama.
2.      Guru mempresensi kehadiran siswa
3.      Guru memberikan apresepsi
4.      Guru menjelaskan tujuan dan tema yang akan dipelajari yaitu perubahan wujud benda
15 menit
Inti
1.      Siswa membuka blog merthaayu.blogspot.com kemudian membaca materi tentang perubahan wujud.
2.      Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 4 – 5  orang
3.      Siswa dengan kelompoknya melakukan praktikum tentang 4 perubahan zat  tersebut
4.      Guru menjelaskan cara menggunakan kamera untuk memvideo praktikum yang akan dilakukan siswa.
5.      Siswa memvideo dan memfoto proses perubahan wujud yang terjadi saat pengamatan dengan menggunakan gadget ataupun kamera yang sudah disediakan.
6.      Siswa membuat laporan hasil pengamatan dengan menggunakan ms.power point dan menyangkan video pengamatan yang dilakukan.
7.      Siswa lain menanggapi  

80   menit
Penutup
1.      Guru bersama siswa merefleksikan pembelajaran pada pertemuan ini.
2.      Guru bersama siswa membuat simpulan terhadap pembelajaran kali ini.
3.      Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
4.      Guru memberikan tugas untuk mengamati kegiatan sehari – hari yang mencerminkan sikap kepahlawanan yang telah dia lakukan
5.      Guru mengajak semua siswa berdoa menurut keyakinan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
±20 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar